Rangkaian Klakson, Dengan dan Tanpa Relay

Rangkaian Klakson – Klakson Merupakan suatu hal yang sangat penting dan sering kita temui pada semua jenis kendaraan mulai dari mobil,motor, sampai kereta juga memiliki klakson.

Apakah kamu pernah bertanya-tanya apa tujuan dari klakson? Klakson memiliki fungsi utama yaitu sebagai tanda atau sinyal untuk mencegah kecelakaan. Bayangkan saja, jika semua transportasi tidak memiliki klakson, akan banyak sekali terjadi kecelakaan.

Perlu kamu ketahui. sebuah klakson memiliki rangkaian lho, jika kamu yang penasaran akan hal ini. Yuk! simak pembahasan berikut.

Rangkaian Klakson Mobil

Klakson mobil bekerja berdasarkan prinsip diafragma logam yang bergetar. Mereka semua digerakkan secara elektrik dan terdiri dari solenoid (elektromagnet) dan piringan logam tipis yang terbuat dari baja pegas.

Ketika diberi energi, solenoida memberikan gaya magnet pada cakram, menyebabkan melentur secara konsentris. Pelenturan diafragma memindahkan kontak listrik, sehingga menghilangkan energi solenoid.

Setelah cakram muncul kembali ke bentuk aslinya, kontak listrik menutup sekali lagi memungkinkan aliran arus ke dalam solenoida. Seluruh siklus diulang selama tombol ditekan.

Rangkaian Klakson Motor

Menekan tombol klakson pada stang dapat mengaktifkan elektromagnet, yang menarik diafragma hingga satu set pada titik kontak bersentuhan, mematahkan tarikan elektromagnet pada baja dan mengembalikan diafragma ke posisi semula untuk memulai siklus lagi.

Rangkaian Klakson Dengan Relay

Ketika kamu menekan kemudi untuk mengaktifkan klakson, arus kecil kurang dari 0,5 amp akan dikirim dari saklar klakson ke relay. Elektromagnet relay kemudian mengaktifkan saklar internal, yang menjembatani supply 12 volt utama ke terminal klakson, biasanya klakson membutuhkan setidaknya 10 amp untuk melakukan proses.

Rangkaian Klakson Tanpa Relay

Apa yang terjadi jika klakson tidak menggunakan relay? Rangkaian klakson tanpa relay akan gagal karena inti dari rangkaian klakson tersebut tidak berfungsi. Relai merupakan komponen vital dalam rangkaian klakson, dan kamu akan memerlukan relay saat memasang klakson. Relay dapat membantu mengontrol kekuatan rangkaian dari sebuah klakson.

Jika kamu berniat memasang klakson tanpa menggunakan relay, hal tersebut dapat menyebabkan semua tekanan dari seluruh sistem di transfer ke saklar. Ketika hal tersebut terjadi, saklar kemungkinan besar akan gagal atau menjadi rusak.

Oleh karena itu, akan lebih baik menggunakan relay sehingga pengkabelan dalam klakson akan sempurna untuk menopang klakson dan komponennya.

Cara Memasang Relay Klakson

[Gambar]

 

Pengkabelan relay klakson pada mobil membutuhkan pemahaman tentang komponen yang diperlukan untuk memasang kabel relay klakson serta proses langkah demi langkah yang diperlukan untuk melakukan penyambungan secara akurat. Langkah-langkah berikut akan memandu kamu melalui proses pemasangan kabel relay pada klakson.

Baca 10 PENYEBAB KAKI-KAKI MOBIL BUNYI GLUDUK-GLUDUK DAN CARA MENGECEKNYA

Temukan dan Lepaskan Kabel Klakson Asli

Temukan klakson asli dan lepaskan kabelnya. Kemudian, masukan kunci mobil ke dalam lubang pengapian dan putar ke posisi “ON”. Kemudian, tekan tombol klakson dan periksa daya 12 volt di kabel dengan menggunakan multimeter atau lampu uji.

Jika kamu tidak mendapatkan 12 volt saat menekan klakson dan memeriksa dengan multimeter, Kamu dapat menggunakan pemeriksaan kontinuitas dengan memeriksa antara terminal negatif baterai dan kabel.

Penghubungan Kabel ke Relay

Setelah melepaskan dan memeriksa kabel klakson, jika kamu menemukan 12 volt, selanjutnya kamu perlu menyambungkan kabel pada terminal 85 ke relay. Kemudian, sambungkan terminal 86 ke titik logam di dalam kendaraan dengan menggunakan kabel pengukur 16 pendek dengan konektor tanpa solder.

baca mengenal sistem pelumasan pengertian, fungsi dan cara kerja

Hubungkan Kabel Klakson

Langkah selanjutnya, hubungkan kabel klakson ke terminal 86 kemudian, sambungkan terminal 85 ke terminal 30. Akan lebih baik untuk memasang relay secara berbeda jika kamu harus menemukan kontinuitas antara kabel klakson dan ground mobil.

baca Banyak Yang Keliru!! Beginilah Perawatan Mobil Yang Jarang Di Pakai

Pasang Klakson dan Relay

Setelah menghubungkan kabel pada terminal, lanjutkan dan pasang klakson baru kendaraan dan relay di tempat yang sesuai di bawah kap mobil. Kamu dapat memilih tempat yang dekat dengan aki mobil agar nantinya kamu tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk untuk membeli kawat.

Hubungkan Terminal Cincin Tanpa Solder

Terakhir, sambungkan satu kabel dudukan sekring inline ke terminal cincin tanpa solder, dan sambungkan ke terminal positif aki kendaraan. Setelah itu, gunakan kawat pengukur dan konektor ujung solderless untuk memperpanjang sisi lain dudukan sekering dan sambungkan ke terminal 30.

 

 

Tinggalkan komentar